live boldly, with no fear

forever a happy soul

bebas itu?

Emang saya pikirin? Iya, emang saya pikirin. Kali ini ga pengen bahas definisi-definisi sesuai KBBI. Cuma pengen ngemnyeng sebentar. Katanya, perempuan kan punya kebutuhan untuk berbicara minimal berapa ribu kata.. gitu per hari. Kasarannya aja sih itu. Ngga mutlak. Namanya juga ilmu sosial, ga seperti kepastian anomali air, yang justru menyusut ketika dipanaskan antara suhu 0 sampai 4 derajat Celsius, karena katanya, massa jenis air terbesar diperoleh pada suhu 4 derajat Celsius, karena pada suhu ini air memiliki volum yang paling kecil. Kenapa begitu dan kenapa 4 derajat? haa ane ga tau gan. agan pasti lebih tau. Kembali ke soal kebebasan, kalo menurut saya ya, bebas ya bebas. Ga ada batas. Iya ga ada batas. Mau jadi orang ngeyel. Mau jadi keras kepala. Mau sering terlambat. Mau ga teratur makan. Mau begadang terus. Mau trapped in the past and nggak move on, semuanya BEBAS! Iya siapa sih yang mau ngelarang kita berbuat sesuatu. Khususnya yang sudah cukup dewasa, 18 tahun ke atas, kita bebas kok mau jumpalitan kaya apa. Kecuali dilarang dan diingetin sama orang yg sayang sama kita. Tapi kembali lagi, kita bisa, jadi keras kepala.

Persoalannya adalah, siapkah kita dengan konsekuensi. Dari kekeraskepalaan kita tadi. Ke-ngeyel-an kita selama ini. (sorry saya pake “kita”, biar enak aja bacanya, biar ga kelihatan curcolnya, hahaha). Nah, siap apa enggak. Kalau ngeyel terus, ya bersiaplah untuk kemudian ditidakacuhkan. Kalau telat makan, bersiap jadi sakit maag dan bersiap kurus (kalo ini mau gue, maag-nya enggak), kalau begadang bersiap bertambah nafsu makan, bersiap susah bangun di pagi hari, bersiap jadi mata panda, dan bersiap ngantuk bahkan pusing ketika bekerja siang harinya. Kalau nggak move on, ga perlu ditanyalah bagaimana konsekuensinya.

Berkaitan dengan salah satu iklan provider (kalau ga salah, produk yang ditawarkan belum jelas) di televisi nasional kita, timbul mood untuk  mengoceh. Seneng sama iklannya? Ya. siapa yang nggak tertarik dikasih suguhan hasil pemikiran dan kerja keras para advertisernya dibalik layar. Apalagi model iklannya mbak yang itu, saya sering liat dia main ftv :p dan ending dari iklan versi mbaknya, lumayan bikin CUCI MATA (gimana kalau yang nonton anak di bawah umur ya), tapi sekaligus bertanya2. Apaan maksudnya.

Selain saya, ada salah satu social media group, yang sempat membahas substansi dari commercial break tersebut. saya tidak berpihak kepada salah satu golongan. Ini pendapat personal, bahwa menurut saya ‘pesan’ tersebut memang sarat tujuan di setiap detailnya.

Berikut cuplikannya, bukan video, narasi saja,

Versi Cewe : Bebas itu Nyata

Kebebasan itu omong kosong.

1. Kebebasan itu ilusi.

Katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tanganku, asalkan sesuku, kalau bisa kaya, pendidikan tinggi, dari keluarga baik-baik.

2. Kebebasan itu aneh.

Katanya aku bebas berekspresi, tapi selama rok, masih di bawah lutut.

3. Kebebasan itu palsu.

Katanya hidup ini singkat, mumpung masih muda nikmati sepuasnya. Asal, jangan lewat dari jam 10 malam.

Katanya zaman sekarang pilihan itu tidak ada batasnya, selama mengikuti pilihan yang ada. Think Again!

Versi Cowo: Bebas itu Nyata

Kebebasan itu omong kosong.

1. Kebebasan itu Lucu.

Katanya bebas berteman dengan siapa aja, asal orang tua suka.

2. Kebebasan itu Fantasi.

Katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tangan, asalkan dari keluarga terpandang. Ga cuma cantik, tapi juga santun, berpendidikan.

3. Kebebasan itu teori.

Katanya jadi laki-laki itu jangan pernah takut gagal, tapi juga jangan bodoh untuk ambil resiko. Mendingan kerja dulu cari pengalaman.

Katanya zaman sekarang pilihan itu ga ada batasnya, selama mengikuti pilihan yang ada. Think Again!

***

Menurut saya, kebebasan itu bukan omong kosong. Kebebasan bukan ilusi, fantasi, ataupun hanya teori. Dan kebebasan sama sekali nggak lucu. Hidup punya aturan. Aturan dari yang punya hidup. Siapa bilang kita nggak bebas nggak ikut aturan. Bebas itu nyata, begitu juga konsekuensi. indeed we shud think.

 

Allahu a’lam bishawab.

Categories: daily

3 replies

  1. sukaaa Ve..

    Baru kali ini gue tau maksud dari iklan ini
    selama ini kalo dengerin sama sekali nggak mudeng! karena nggak jelas omongannya. Ni iklan apaan sih? You open my eyes, hahaha

  2. hoho… iklannya cukup gokil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s